Metode Latihan

Soal !
1.    Apa batasan Latihan ?
2.    Apa tujuan Latihan ?
3.    Sebutkan prinsip-prinsip latihan dan jelaskan ?
4.    Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam melatih ?
5.    Sebutkan dan jelaskan komponen latihan ?
6.    Sebutkan komponen fisik dan jelaskan metode latihannya ?
7.    Sebutkan yang mempengaruhi prestasi Olahraga ?
Jawab !
1.    Batasan latihan yaitu prinsip-prinsip latihan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melatih, dan komponen-komponen latihan
2.    Tujuan dari latihan adalah memperoleh hasil peningkatan keterampilan kebugaran jasmani / fisik tubuh kita yang maksimal dan lebih baik dari hari kehari sesuai hasil yang kita inginkan.
3.    Prinsip-prinsip latihan :
•    Sistematis
-    Secara bertahap
-    Dari mudah ke sulit
-    Dari simple ke kompleks
-    Dari sebagian ke keseluruhan
Maksud dari sistematis disini adalah apabila kita ingin melakukan suatu latihan, maka kita harus memperhatikan sistematis atau keruntutan dari suatu latihan tersebut untuk dijadikan suatu pedoman atau pegangan. Sehingga, hasil yang kita dapatkan dari suatu latihan tersebut dapat meningkat lebih baik dari hari kehari sesuai dengan yang kita inginkan. Yaitu dengan berprinsip dari salah satu dari prinsip-prinsip sistematis tersebut, yaitu secara bertahap, dari mudah ke sulit, dari simple ke kompleks dan dari sebagaian ke keseluruhan.
Misalnya saja secara bertahap,maka apabila kita memberikan suatu latihan, kita diharuskan dapat melakukan suatu latihan tersebut runtun secara bertahap,yaitu mengelompokkan suatu latihan dengan beberapa tahap-tahap. Dari mudah ke sulit,maksudnya yaitu kita diharuskan melakukan suatu latihan dengan berprinsip memulai suatu latihan dari yang mudah kesulit. Contohnya, dalam latihan bermain bola, kita belajar dulu yang mudah,yaitu menguasai bola dengan mendriblle bola dahulu,baru kemudian melakukan gerakan drible zig-zag,dan seterusnya.

•    Berulang-ulang
Prinsip latihan berulang-ulang, maksudnya adalah dalam melakukan suatu latihan, kita diharuskan memiliki prinsip berulang-ulang,dengan tujuan agar kita dapat lebih cepat memahami dan mengerti dari tujuan suatu latihan tesebut. Misalnya, apabila kita ingin latihan lari sprint 100 m, maka untuk memperoleh hasil waktu yang secepatnya, maka kita diharuskan melakukan latihan-latihan lari sprint itu dengan berulang-ulang.

•    Beban lebih / overload
Beban lebih / Overload adalah apabila kita ingin melakukan suatu latihan, maka kita harus memberikan latihan-latihan yang melebihi beban dari atlet / orang yang melakukan latihan tersebut, dengan tujuan agar atlit tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal. Contohnya, apabila kita ingin melatih kekuatan lengan atas bagian biceps kita, maka kita berikan beban yang berat / lebih pada atlit tersebut, namun tidak terlalu melebihi dari batas maksimal dari atlit tersebut. Apabila batas maksimal atlit tersebut 50 kg, maka kita berikan beban lebih 2-5 kg dari batas maksimal tersebut.

•    Menyeluruh
Maksudnya adalah ketika kita melakukan / memberikan suatu latihan, maka kita harus memberikan latihan yang menyeluruh pada atlit tesebut. Meskipun atlit tersebut, misalnya saja atlit lompat jauh, maka tidak hanya melakukan latihan lompatan, yang mengutamakan bagian tungkai kaki saja, tetapi perlu melakukan latihan-latihan bagian tangan dan anggota tubuh yang lain secara menyeluruh.

•    Spesialisasi
Prinsip spesialisasi adalah apabila kita melakukan suatu latihan, maka kita diharuskan melihat dari spesialisasi dari seorang atlit tersebut / kemampuan yang menonjol dari atlit tersebut. Misalnya atlit lompat jauh, maka kita harus memberikan latihan-latihan yang sesuai dengan spesialisasi dari atlit lompat jauh tersebut, yaitu latihan-latihan pada kekuatan tungkai kaki dari atlit itu.

•    Individualisasi
Individualisai dalam latihan ini adalah suatu kebutuhan yang utama dari suatu bentuk usaha latihan, dan ini berbeda untuk setiap atlit, baik pelaksanaannya untuk setiap atlit, kurang memperhatikan suatu tingkat pelaksanaan, penyesuaian harus menyenangkan bagi setiap individu untuk kecapakapannya, potensinya, serta mempelajari sifat secara khusus dari setiap cabang olahraga.
Individualisai tidak hanya dirasakan sebagai penggunaan metode dalam perbaikan teknik individu, atau kekhususan dari individu dalam suatu pertandingan atau dalam hal ini posisi pemain dalam suatu regu, akan tetapi melebihi suatu alat dimana atlit merupakan tujuan penilaian dan sasaran yang diamati.
4.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melatih:
•    Kelelahan, mental dan fisik
•    Kejenuhan / borden
•    Brond out / benci
•    Stelness
•    Penjelasan
•    Hukuman
•    Pujian
•    Perhatian pelatih
•    Memperbaiki kesalahan
5.    Komponen-komponen Latihan :
•    Intensitas Latihan
Adalah banyaknya dari suatu latihan yang diberikan dalam satu minggu atau bulan selama kegiatan latihan tersebut. Misalnya, latihan pada cabang olahraga yang membutuhkan pernafasan an-aerobik memiliki intensitas latihan yang tinggi daripada cabang-cabang olahraga aerobik.

•    Lama / durasi latihan
Yaitu, lama dari kegiatan latihan tersebut. Misalnya, apabila kita ingin melakukan latihan beban, maka metode latihannya dengan kita tentukan berapa lama kita harus melakukan latihan tersebut dalam sekali latihan.

•    Frekuensi latihan
Adalah banyaknya pengulangan dari suatu latihan. Contohnya, apabila kita melakukan latihan beban, maka metode latihan yang dilakukan adalah berapa kali kita mengulang angkatan barbell dalam satu set-nya.

•    Volume latihan
Adalah porsi latihan yang dilakukan secara bertahap atau terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, pada seorang atlit angkat beban. Volume latihannya ditentukan berapa beban minimum dan maksimumnya yang dapat diangkat selama latihan.

•    Variasi latihan
Yaitu banyaknya macam-macam latihan yang dilakukan. Misalnya saja pada latihan beban, maka metode latihannya seperti melakukan angkatan barbell pada lengan atas, kemudian dilanjutkan dengan latihan beban untuk kekuatan tungkai bawah secara bergantian.

•    Kualitas latihan
Adalah sesuai atau tidaknya / bagus tidaknya latihan yang kita lakukan. Misalnya, pada latihan beban, maka metode latihannya dengan mnyesuaikan berat beban yang diangkat dengan atlit yang bersangkutan. Jangan terlalu ringan atau bahkan terlalu berat.
6.    Komponen-komponen fisik dan metode latihannya :
1.    Kekuatan otot / power
2.    Daya tahan otot
3.    Explosive power, daya ledak otot / strength
4.    Kelentukan / flexibility
5.    Kecepatan (speed)
6.    Kelincahan (agility)
7.    Keseimbangan (balance)
8.    Koordinasi
9.    Daya tahan / endurance / daya tahan umum
Metode latihannya yaitu dengan mengklasifikasikan komponen-komponen fisik tersebut kedalam komponen fisik murni ataukah komponen fisik gabungan. Misalnya saja, komponen fisik yang murni adalah kelentukan, daya tahan umum dan kekuatan. Sedangkan komponen fisik yang gabungan yaitu kecepatan, merupakan gabungan dari kekuatan, koordinasi dan flexibility. Juga kelincahan yang merupakan gabungan dari koordinasi, kecepatan dan kelentukan.
Setelah itu, kita melakukan latihan-latihan yang sesuai dari komponen fisik tersebut.
7.    Yang mempengaruhi prestasi olahraga adalah, faktor internal dan eksternal dari atlet tersebut. Faktor internal antara lain, kemampuan individu dari diri seorang atlet tersebut. Seperti kemampuan fisik, keterampilan dan mental atlet tersebut. Semakin baik kemampuan fisik, keterampilan dan mental yang dimiliki, maka diharapkan prestasi olahraga yang diperoleh seorang atlet semakin baik.
Sementara factor eksternal antara lain adalah pelatih, sarana dan prasarana atau fasilitas olahraga yang ada dan digunakan oleh seorang atlet itu sendiri. Meskipun factor ini tidak begitu berpengaruh besar pada prestasi olahraga seorang atlet.      Karena factor eksternal ini merupakan factor pendukung dari seorang atlet itu. Namun, factor ini perlu ada dan tersedia untuk kelangsungan terlaksananya kegiatan olahraga tersebut lebih baik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s