tips memilih speaker aktif komputer/laptop

Memilih speaker itu “gampang-gampang susah”. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih speaker.Besar tidak selalu lebih baik.Ukuran besar, box yang kelihatan bagus atau indah, sama sekali tidak menen-tukan seberapa bagus kualitas speaker.

PMPO or RMS?
Biasanya, produsen speaker saling memamerkan besarnya daya speaker mere-ka. Umumnya, parameter yang digunakan adalahPMPOdan RMS,
PMPO singkatan dari Peak Momentary Performance Output, merupakan output maksimum yang terjadi selama beberapa milidetik saja. PMPO sering diartikan se-bagai daya maksimum Idalam Watt) oleh produsen, padahal PMPO hanya tercapai dalam kondisi sempurna dan sulit tercapai dalam kenyataan sehari-hari. Sehing-ga PMPO tidak dapat digunakan untuk mengukur daya yang sesungguhnya.
Pengukuran yang lebih akurat dan bisa dipercaya adalah Watt dalam RMS. RMS singkatan dari Root Mean Square, merupakan nilai rata-rata daya yang dapat di-tangani oleh suatu speaker secara kon-tinu atau terus menerus.
Sebagai ilustrasi, Anda mungkin dapat berlari dengan sangat cepat, tetapi tidak lama kemudin anda akari merasa lelah, tersengal-sengal. Namun, Anda bisa ber-tahan beberapa jam jika Anda berjalan santai dengan kecepatan 1 Km/jam .

Apakah speaker tersebut berpelindung magnet?
Anda perlu tahu apakah speaker tersebut berpelindung magnet (magnetically shielded) atau tidak. Setiap speaker memiliki magnet di dalamnya. Magnet tersebut dapat mempengaruhi komponen-komponen komputer seperti monitor CRT dan hard disk. Interferensi magnet dapat menyebabkan data hilang atau kerusakan warna pada monitor.
FAKTA: Kebanyakan produsen speaker tidak memasang pelindung magnet pada subwoofernya, mengingat biasanya sub-woofer diletakkan di lantai, jauh dari PC.

Dengar sendiri
Mendengar dengan telinga sendiri meru-pakan keharusan sebelum membeli. Atau jika Anda tidak sempat metakukannya, coba tanya pendapat teman atau ahli yang sudah mencobanya. Anda bisa juga mem-baca majalah atau website untuk mendapat informasi yang diperlukan. Ingat juga bahwa penampilan yang menarik tidak selalu mencerminkan isinya.

Dilarang bergoyang!
Saat memasang speaker, pastikan posisi speaker tersebut stabil. Speaker yang bergoyang dapat menyebabkan efek Doppler (Artinya dibawah). Untuk meminimalkan goyangan, biasanya para audiophile memasang kaki logam berbentuk paku/kerucut. Sebaiknya, pasang tiga buah kaki kerucut untuk tiap speaker. Secara alamiah, tiga buah kaki akan selalu stabil. Jika dirasa perlu, belilah kaki kerucut tersebut sebanyak kebutuhan Anda.
FAKTA: Banyak speaker satelit telah dilengkapi dudukan yang baik dan stabil.

Kenali kebutuhan Anda
Sebelum membeli speaker, Anda harus tahu untuk apa speaker itu akan digunakan, feature apa yang betul-betul diperlukan, feature apa yang tidak begitu

PENTING!!!, berapa anggaran Anda.?
Jika speaker tersebut sangat bagus dan berharga mahal, lengkap dengan berbagai macam feature atau teknologi yang tidak Anda butuhkan atau tidak Anda mengerti, saya sarankan Anda untuk tidak membeli speaker tersebut. Tak ada alasan untuk menghabiskan uang untuk hal yang tidak Anda butuhkan!

Ajak teman, jangan diperdaya penjual
Memilih speaker membutuhkan pengetahuan akan berbagai macam feature yang ditawarkan. Mungkin Anda perlu mengajak teman yang bertelinga sensitif untuk membantu Anda membedakan speaker. Namun, apapun yang Anda laku-kan, jangan percaya bujuk rayu si penjual. Penjual hanya bertujuan menjual produk.

Sesuaikan dengan interior
Penampilan tidak tertalu penting ketimbang kinerja suaranya. Namun, bukan berarti penampilan tidak perlu diperhitungkan, mengingat benda tersebut mungkin akan tetap bersama Anda untuk beberapa tahun. Biasanya warna putih, hitam, atau bahkan warna seperti corak kayu, akan terlihat cocok dengan warna apa pun, namun semuanya tetap tergantung pada selera Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s