Tutorial Managemen Blog WordPress

Untuk mengatur dan me-manage suatu blog agar terlihat rapi dan sesuai keinginan kta, namun tetap memiliki fungsi yang efektif bagi kta serta pengunjung blog kita. Berikut, terdapt sedikt tutorial yang saya buat untuk managemen blog anda. Didalamnya terdapt beberapa dasar-dasar dalam memulai suatu blog, diantaranya upload dan edit file, image, manage widget, serta mengganti tema. Untuk lebih jelasnya, bisa anda download tutorialnya berikut ini yang terbagi dalam 2 bagian:

TUTORIAL MANAGEMEN BLOG (UPLOAD, EDIT FILE, ARTIKEL, IMAGE, WIDGET, GANTI TEMA)

PART 1 (Upload File, Artikel dan Image)
Untuk melakukan upload/ memasukkan isi blog kita dengan sebuah file, artikel dan image terlebih dahulu kita harus memiliki account pada salah satu penyedia blog, seperti blogger, wordpress, dsb. Dalam tutorial ini, kita menyajikan tutorial memakai penyedia blog wordpress. Setelah kita memiliki account pada wordpress.com, kita masukkan username dan password yang telah kita buat pada awal kita membuat account wordpress tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.    Langkah pertama, ketikkan alamat blog kita pada tag alamat website browser kita dengan menambahi /wp-admin tekan enter atau klik login. Misalnya, http://www.priyosport07.wordpress.com/wp-admin. maka akan muncul seperti tampak pada screenshot berikut

Screenshot 1
2.    setelah itu, maka kita akan masuk pada dashboard blog yang kita miliki. Pada dashboard ini, managemen blog dapat kita lakukan. Mengedit, menambahkan, atau memodifikasi blog kita sesuai apa yang kita inginkan. Namun, untuk wordpress kita hanya disediakan layanan yang sudah ada tersebut karena disini wordpress merupakan penyedia blog gratisan. Lebih jelasnya mengenai dashboard ini, dapat dilihat pada screenshot berikut.

Screenshot 2
Pada dashboard ini, terdapat menu-menu tersendiri yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya pada lingkaran no 1 terdapat menu Dashboard, yang mempunyai kategori lagi yaitu dashboard, blog stats untuk mengetahui statistic blog kita, blog surfer untuk mengetahui jejak perjalanan blog kita didunia maya dsb. Kemudian pada no 2 terdapat menu Posts, yang memiliki kategori posts untuk mengetahui jumlah arsip yang telah kita upload, add new untuk menambah/upload file, categories untuk mengetahui, menambah dan mengedit kategori apa saja yang ada pada blog kita, menu Media, menu Links, menu Pages, menu Comments, menu Ratings, Polls, Appearances, Users, Tools, dan Settings.
Dalam hal ini, kita akan meg-upload file, artikel dan gambar. Maka menu dashboard yang akan kita pakai adalah pada menu no 2, yaitu menu Posts.
3.    Langkah selanjutnya adalah kita masuk pada menu Posts, yaitu dengan meng-klik segitiga kecil sebelah kanan pada menu posts (pada panah merah screenshot 2). Maka akan muncul sub menu Posts, add new, Categories, dan Posts Tags. Dari ketiga sub menu tersebut pilih add new. Maka akan tampak seperti pada screenshot 3 berikut.


Screenshot 3
4.    Berikutnya, kita ketikkan judul dari artikel/ file/ image yang akan kita masukkan. Seperti pada contoh Screenshot 4 berikut. Untuk memudahkan kita dalam meng-upload file/artikel dari ms.word, lebih baik kita copy dulu file tersebut kedalam notepad, baru dari notepad tsb kita copy dan paste di tempat isi artikel tsb.

Screenshot 4

5.    Setelah kita mengisi judul dan isi artikel tersebut, kita pilih kategori apa yang kita inginkan untuk artikel tersebut dengan cara klik pada kategori yang tersedia pada sebelah kanan dari isi artikel dan menambahkan posts tags (kata-kata kunci) yang ada disebelah bawahnya (minimal 4 tag). Semakin banyak tag yang kita cantumkan, semakin besar pula peluang blog kita di ekspos ke masyarakat dalam dunia maya. Pisahkan kata-kata kunci/tag dengan tanda koma (,).(lihat Screen shot 5 berikut)

Screenshot 5
6.    Apabila kita akan memasukkan gambar/ file berupa pdf,ppt atau doc dsb. Kita hanya perlu meng-klik upload image pada toolbar atas dari isi artikel tsb, lihat pada screen shot 6 berikut. Kemudian kita ikuti langkah-langkahnya. Browse file yang akan kita lampirkan, klik upload, tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik insert into post.

Screen shot 6
7.    Langkah selanjutnya, setelah kita selesai mengisi judul, isi artikel dan upload gambar/ file lain yang akan kita lampirkan bersama artikel tersebut, maka kita klik publish. Tunggu hingga proses meng-upload file kita selesai.

klik untuk download TUTORIAL MANAGEMEN BLOG part 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s