sistem Pyramidal dan Ekstra Pyramidal

Sistem motorik: jalur piramidal yaitu corticospinalis & corticobulbar tracts yang langsung menginervasi motor neuron di brainstem atau spinal cord (melalui pryamid — sistem pyramidal)

corticospinal bidang

otak: corticospinal bidang

hal pembedahan dalam brain-stem. cabang samping melihat. (” bidang limas” kelihatan di merah,  dan ” limas decussation” bertanda lebih rendah benar. )

diagram pokok fasciculi pita suara tulang belakang.

gray’ subyek 185 759

neuroname ancil-373

lubang jala pyramidal+tract

corticospinal atau bidang limas koleksi pejal axon perjalanan itu diantara kulit pohon berkenaan dengan otak otak dan pita suara tulang belakang.

corticospinal bidang kebanyakan berisi motor axon. ini sebenarnya terdiri dari dua memisahkan bidang di pita suara tulang belakang: cabang samping corticospinal bidang dan lebih dulu corticospinal bidang. kesepakatan bidang ini memimpin ke arah kesepakatan sebagian terbesar, satu sisi tubuh dikendalikan oleh sisi berlawanan otak.

juga corticobulbar bidang dianggap sebagai bidang limas. corticobulbar bidang membawa sinyal motor kendali itu neuron lokasi di bucleus otak syaraf berkenaan dengan tengkorak daripada motor neuron lokasi di pita suara tulang belakang. [1

neuron bidang limas limas neuron,  tetapi itu tidak bagaimana bidang limas mendapatkan nama nya, sebagai kebanyakan dari limas neuron mengirim mereka axon di tempat lain. [2 malahan, ini mendapatkan nama nya dari bentuk corticospinal axon bidang: bila bidang limas melewati medulla, ini bentuk bendel tebal serabut syaraf yang terbentuk agak suka limas.

trotoar motor

corticospinal bidang berasal dari sel limas di lapis v kulit pohon motor.

[mengubah] atas motor neuron

motor neuron badan sel di kulit pohon motor, bersama dengan mereka axon turun ke perjalanan itu otak menahan dan pita suara tulang belakang, dirujuk sebagai atas motor neuron.

[mengubah] decussation dan synapse

neuronal badan sel di kulit pohon motor mengirim panjang axon kepada motor bucleus syaraf berkenaan dengan tengkorak sebagian besar contralateral sisi midbrain (cortico-mesencephalic bidang), pon (cortico-pontine bidang), medulla oblongata (cortico-bulbar bidang); jumlah besar serabut ini, akan tetapi, perpanjang semua jalan hingga [menuju] ke pita suara tulang belakang (corticospinal bidang).

kebanyakan dari cortico-spinal serabut (tentang 80% menyeberang melalui kepada contralateral sisi di medulla oblongata (limas decussation. yang menyeberang di medulla oblongata perjalanan di cabang samping corticospinal bidang.

10% masuk cabang samping corticospinal bidang di sama sisi

yang tersisa dari mereka (10% menyeberang melalui di tingkat mereka keluar pita suara itu tulang belakang,  dan perjalanan ini di lebih dulu corticospinal bidang.

yang mana saja dari dua  ini bidang ini perjalanan di, cortico-spinal axon akan synapse dengan lainnya neuron di tanduk yang mengenai sirip perut. tanduk yang mengenai sirip perut ini neuron dianggap second-order neuron di trotoar ini,  tetapi tidak bagian dari corticospinal bidang sendiri.

[mengubah] dari berkenaan dengan otak ke motor neuron

motor axon memindahkan semakin dekat bersama sebagai mereka turun ke perjalanan berkenaan dengan otak sumsum otak,  dan bentuk bagian dari kemudian anggota kapsul internal.

serabut motor melanjutkan ke dalam brainstem. bendel corticospinal axon kelihatan sebagai dua column-like struktur (” limas” ) di permukaan yang mengenai sirip perut medulla oblongata – inilah di mana bidang limas nama datang dari.

setelah decussation, axon sepanjang perjalanan pita suara tulang belakang cabang samping sebagai corticospinal bidang. serabut yang tidak menyeberang melalui di medulla oblongata sepanjang perjalanan memisahkan lebih dulu corticospinal bidang,  dan kebanyakan mereka menyeberang melalui kepada contralateral sisi di pita suara tulang belakang, sebentar sebelum mencapai motor lebih rendah neuron.

[mengubah] motor lebih rendah neuron

di pita suara tulang belakang, axon atas motor neuron ikat kebanyakan mereka melalui interneuron,  tetapi ke kurang lebih tingkat juga melalui langsung synapse dengan motor lebih rendah neuron (lmn, lokasi di tanduk yang mengenai sirip perut pita suara tulang belakang.

di otak menahan, motor lebih rendah neuron lokasi di motor bucleus syaraf berkenaan dengan tengkorak (occulomotor, trochlear, inti motor trigeminal syaraf, abducen, masase muka, barang tambahan, hypoglossal. motor lebih rendah neuron axon tinggalkan otak menahan motor melalui kegelisahan berkenaan dengan tengkorak dan melalui pita suara tulang belakang lebih dulu akar kegelisahan tulang belakang masing-masing, end-up di neuromuscular piring dan sediakan motor innervation untuk otot sukarela.

system extrapiramidal:

neural network berlokasi di otak, bagian dari sitem motorik untuk koordinasi gerakan; modulasi aktivitas motorik dan regulasi

indirect control of anterior horn

subtrat: terletak: reticular formatio pons et medulla dan target neuron di spinal cord, termasuk reflex, locomotion, complex movement, dan kontrol posture

Modulasi tractus ektrapiramidal

  • bagian dari system piramidal
  • Yaitu dari nigrostriata pathway, basal ganglia; cerebellum, vestibular nuclei, different sensory area of cerebral cortex

di anatomi manusia, extrapyramidal sistem neural jaringan lokasi di otak yang bagian dari sistem motor orang yang bersangkutan di koordinasi pergerakan. sistem disebut” extrapyramidal” membedakan ini dari bidang kulit pohon motor yang mencapai sasaran-sasaran mereka dengan bepergian melalui” limas” medulla. trotoar limas (corticospinal dan corticobulbar bidang) mungkin secara langsung innervate motor neuron pita suara tulang belakang atau brainstem (lebih dulu sel tanduk atau bucleus syaraf berkenaan dengan tengkorak tertentu), sedangkan extrapyramidal pusat sistem mengelilingi modulasi dan peraturan (tidak langsung kendali) lebih dulu sel tanduk.

extrapyramidal bidang terutama menemukan di reticular pembentukan pon dan medulla,  dan sasaran neuron di pita suara tulang belakang orang yang bersangkutan di refleks, berpindah tempat, pergerakan gabungan,  dan postural kendali. bidang ini pada gilirannya mengatur oleh bagian-bagian dari macam sistem nerves pusat, termasuk nigrostriatal trotoar, fundamental ganglia, otak besar, vestibular bucleus,  dan berbeda wilayah berhubungan dengan perasaan kulit pohon berkenaan dengan otak. semua  ini komponen pengaturan dapat dianggap bagian dari extrapyramidal sistem, di mereka mengatur tinggi nada kegiatan itu motor tanpa secara langsung innervating motor neuron

extrapyramidal gejala

extrapyramidal sistem dapat mempengaruhi di jalan sejumlah, yang diwahyukan di bidang extrapyramidal gejala seperti akinesia (ketidak-mampuan memulai pergerakan) dan akathisia (ketidak-mampuan ke tanpa gerakan sisa).

extrapyramidal gejala (ep kekalutan pergerakan macam seperti tardive dyskinesia menderita sebagai hasil mengambil dopamine antagonis, biasanya antipsychotic (neuroleptic narkoba, yang sering menggunakan ke penyakit kejiwaan kendali, khususnya penyakit jiwa. lain antidopaminergic narkoba suka antiemetic metoclopramide atau tricyclic antidepressant amoxapine dapat juga sebab extrapyramidal efek samping

kekalutan

terbaik yang dikenal ep tardive dyskinesia tanpa disengaja, pergerakan otot tidak beraturan, biasanya di muka). biasa lain ep termasuk akathisia (kerisauan), dystonia (kejang tegap leher – torticolli, mata – oculogyric kemelut, lidah,  atau rahang; banyak sering di anak-anak), drug-induced parkinsonism (kekakuan pipa timbel tegap, bradykinesia/akinesia, beristirahat getaran, postural ketidakstabilan; banyak sering di dewasa dan kaum tua),

meskipun penyakit parkinson utama penyakit nigrostriatal trotoar dan tidak extrapyramidal sistem, hilangnya dopaminergic neuron di substantia nigra memimpin ke arah dysregulation extrapyramidal sistem. sejak sistem ini mengatur postur dan bunyi otot kerangka, hasil sifat bradykinesia penyakit parkinson.

extrapyramidal gejala dapat juga disebabkan oleh kerusakan otak, seperti di athetotic kelumpuhan berkenaan dengan otak, yang tanpa disengaja menggeliat pergerakan disebabkan oleh sebelum melahirkan atau perinatal kerusakan otak

Suatu fungsi motorik yang sempuma pada otot rangka memerlukan kerjasama yang terpadu antara sistem piramidal dan ekstrapiramidal. Sistem piramidal terutama untuk gerakan volunter sedang sistem ekstrapiramidal menentukan landasan untuk dapat terlaksananya suatu gerakan volunter yang terampil dan mahir.1,4 Dengan kata lain, sistem ekstrapiramidal mengadakan persiapan bagi setiap gerakan volunter berupa pengolahan, pengaturan dan pengendalian impuls motorik yang menyangkut tonus otot dan sikap tubuh yang sesuai dengan gerakan yang akan diwujudkan. Sistem eksta piramidal terdiri atas :
1. Inti-inti korteks serebri area 4S, 6 & 8.
2. Inti-inti subkortikal ganglia- basalis yang meliputi inti kaudatus, putamen, globus palidus, substansi nigra, korpus subtalamikum dan inti talamus ventrolateralis.
3. Inti ruber dan formasio retikularis batang otak.
4. Serebelum.1,4
Inti-inti tersebut saling berhubungan melalui jalur jalur khusus yang membentuk tiga lintasan lingkaran (sirkuit). Sedangkan sistem piramidal, dari korteks serebri area 4 melalui jalur-jalur kortikobulbar dan kortikospinal (lintasan piramidal) menuju “lower motor neuron (LMN). Untuk mengetahui mekanisme terjadinya gerakan involunter, terlebih dahulu dijelaskan pengertian perihal jalannya impuls motorik yang digunakan untuk mempersiapkan dan membangkitkan gerakan volunter. Impuls motor dan ekstrapiramidal sebelum diteruskan ke LMN akan mengalami pengolahan di berbagai inti ganglia basalis dan korteks serebelumnya sampai siap sebagai impuls motorik/pengendali bagi setiap gerakan yang akan diwujudkan impuls motorik piramidal. Keduanya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam membangkitkan setiap gerakan volunter yang sempurna.3,4
Ada 3 jalur sirkuit untuk pengolahan impuls motorik tersebut :
1) Sirkuit pertama
Lintasan sirkuit pertama akan dilalui oleh impuls motorik yang dicetuskan di area 4 dan 6, lalu dihantarkan ke inti basal pons, korteks serebelum, inti dentatus, inti ruber dan inti ventro lateralis dan akhimya kembali ke korteks motorik piramidal dan ekstrapiramidal area tersebut.
2). Sirkuit kedua
Merupakan lintasan yang akan dilalui oleh impuls motorik dari korteks serebri area 4, 4S dan 6, menuju ke substansi nigra, putamen, globus palidus, inti ventrolateralis talami dan kembali ke korteks motorik piramidal & ekstrapiramidal area 4, 4S dan 6.
3).Sirkuit ketiga
Impuls motorik dan area 4S dan 8 akan melalui sirkuit ini menuju ke inti kaudatus, globus palidus dan inti ventrolateralis talami dan selanjutnya kembali ke korteks motorik area pyramidal dan ekstrapiramidal area 6. Sebagian impuls tersebut akan diteruskan ke inti Luys sebelum kembali ke korteks yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s