Tips merawat mulut dan gigi

1. Gosok Gigi Setelah Sarapan

Kebiasan sejak kecil menggosok gigi setelah mandi. Namun ternyata kebiasaan ini  tidak dibenarkan oleh  drg. Sudianto. “Kebiasaan tersebut sebenarnya salah, yang benar itu menggosok gigi setelah sarapan pagi agar sisa makanan tidak menempel di gigi saat beraktifitas,” tuturnya.

2. Bangun Pagi Hanya Berkumur Saja

Memang saat bangun pagi, mulut terasa asam. Itu bukan berarti Anda harus menyikat gigi karena tidak tahan dengan rasa asam. Namun bisa Anda siasati berkumur dengan cairan kumur agar mulut Anda terasa segar. Bangun pagi hanya berkumur dan mandi saja, baru Anda menyentuh sarapan, setelahnya Anda mulai menggosok gigi. Dengan begini maka ketika beraktifitas Anda akan terasa nyaman dengan mulut Anda karena tidak ada sisa makanan yang menempel.

3. Menggosok Gigi Pagi, Siang dan Sebelum Tidur

Setelah makan siang, Anda juga harus mengosok gigi kembali, karena makanan yang menempel pada gigi harus segera dibersihkan. Makanan yang menempel lebih dari 3 jam bisa menyebabkan gigi berlubang. Begitu juga setelah makan malam, pada malam hari jika masih ada sisa makanan yang menempel akan menyebabkan gigi berlubang karena sisa akan mengendap di mulut lebih lama. Lakukan kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur

Kendati demikian, merawat kesehatan gigi dan mulut harus seimbang. Jika sudah melakukan perawatan secara teratur hendaknya cara menggosok gigi juga harus benar, tidak hanya asal menggosok gigi.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

  1. Menutup dan menyikat rahang bagian labil menghadap bibir, mulai gerakkan dari arah gusi dan gigi yang atas turun dan bawa naik. Gerakan ini lakukan 8-10 kali.
  2. Menyikat dengan menghadap pipi, Lakukan menyikat gigi dengan memutar dari arah gusi ke gigi pipi kiri dan kanan.
  3. Menyikat rahang dengan membuka dataran mengunyah gerakan 8-10 kali, rahang bawah kiri, kanan dan rahang atas kiri dan kanan.
  4. Menyikat bagian menghadap lidah dengan gerakan mencongkel rahang bawah.
  5. Menyikat dengan menghadap langit-langit rahang atas.
  6. Menyikat gigi dengan teliti.(Ima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s